Universitas Widyagama berpartisipasi dalam Lomba Debat Mahasiswa BNI-TV One yang dilaksanakan di Surabaya tanggal 21-23 September di Surabaya. Lomba ini merupakan ajang untuk menemukan mahasiswa berprestasi dalam tema ASIPRASI UNTUK NEGERI, disponsori BNI dan disiarkan oleh TV One.

Universitas Widyagama diwakili oleh mahasiswa Fakultas Hukum (FH), yakni Muhammad Syauqi Alaik, Syam Hadjianto, dan Febry Dwi Yanto.  Mereka telah dilatih oleh para dosen FH (Fatkhurrohman,  Zulkarnain, Sirajuddin, dan Purnawan DN) sebagaimana kerangka acuan lomba agar memiliki persiapan, fokus dan kemampuan yang handal. Tim ini sebelumnya pernah memenangkan lomba debat sejenis di UIN Maliki Malang pada tahun lalu.

Lomba Debat Mahasiswa BNI-TV One ASIPRASI UNTUK NEGERI dilaksanakan di enam kota besar, yakni
– Bandung , (11 Sept), Tema “Pro Kontra : Kunjungan Anggota Dewan Ke Luar Negeri”
– Yogyakarta, (16 Sept), Tema “ Pro Kontra : Pemberlakuan Pajak Bagi Industri Kecil Menengah”
– Surabaya, (21 Sept), Tema “ Pro Kontra : Penghapusan Pensiun Anggota Dewan”
– Makassar, (25 Sept), Tema “Pemilukada Langsung, Bermanfaat atau Mubazir ?”
– Medan, (1 Okt), Tema “ Pro Kontra : Indonesia tanpa Subsidi BBM”
– Jakarta, (7 Okt). Tema “ Pro Kontra : Pembubaran Ormas Anarkis”

Bobot penilaian lomba meliputi durasi 10 %, team work 20%, kognitif 40%, dan public speaking 30%.  Lomba di Bandung dan Yogyakarta telah menghasilkan masing-masing tiga debat. Semua pemenang tim di setiap kota akan berlomba di Jakarta, untuk menentukan juara 1, 2, 3 dan favorit.  Juara 1 akan mendapatkan kesempatan Eduwisata ke London dan Kesempatan Magang di BNI London.

Tim UWG berhasil masuk putaran FINAL dengan menyisihkan 84 perguruan tinggi dari PTN-PTS se Jatim, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara.  Tim finalis terdiri dari UB, UNAIR, ITS, UNEJ, UMM, Widyagama (UWG), Petra dan Ubaya.  Tim UWG memperoleh nilai tertinggi. Pada hari terakhir (23/9), tim UWG di final debat mempertemukan tim UWG dan Univ Petra. Kedua tim bertemu dalam debat yang sangat seru, menegangkan dan tampil apik.  Keduanya oleh juri dinyatakan sebagai pemenang terbaik dan lolos mewakili Jatim, untuk bertanding dalam  putaran final debat di Jakarta.  Bertindak sebagai juri dalam lomba ini adalah selebriti/host nasional Kasandra Putranto dan Dr. Effendi Ghozali, didampingi seorang perwakilan media massa Jawa Timur.

 

Lebih jauh, tim juri juga memberikan gelar juara tambahan bagi tim UWG karena menampilkan pendukung dengan yel-yel terbaik.  Pendukung ini terutama terdiri dari mahasiswa baru, yang oleh Dekan FH Dr Fatkhurrohman, disiapkan khusus untuk memberikan pengalaman berdebat dan meramaikan jalannya debat.  Selesai lomba, Tim UWG dan mahasiswa pendukung, serta dosen pembimbing berfoto bersama dengan latar stagedebat TV One, termasuk dengan para juri dan awak TV One. Momen ini merupakan sesuatu yang langka bagi sivitas UWG, dan sepantasnya disyukuri dan dirayakan.  Namun hal yang pasti, tim ini harus segera mempersiapkan diri untuk meneruskan di tingkat nasional, yang tentu dengan tingkat kompetisi yang lebih berbobot. LEGAL SPIRIT – SEMANGAT FAKULTAS HUKUM !!

more: http://widyagama.ac.id/r2012/uwg-di-lomba-debat-bni-tv-one/

Leave a Reply

Your email address will not be published.