Site Visit Penelitian Unggulan Strategi Nasional

Pada hari rabu, tanggal 10 oktober 2012 dilangsungkan kegiatan site visit oleh DP2M Dikti. Bertempat di ruang P2K Universitas Widyagama Malang. Salah satu skim penelitian yang merupakan hibah program penelitian dari Ditlitabmas DIKTI adalah Program Unggulan Strategi Nasional. Universitas Widyagama mengirimkan proposal program ini dengan ketua peneliti Dr. Ir. Ririn Prihandarini, MS. dari Fakultas Pertanian. Dana yang disediakan Ditlitabmas untuk program multi year ini adalah 1 milyar rupiah selama 3 tahun. Untuk bisa didanai, proposal harus lolos dalam 3 tahap. Tahap 1 adalah pra proposal, tahap 2 adalah presentasi proposal lengkap di Jakarta, dan tahap ke 3 adalah Site Visit. Hasil site visit ini akan menentukan apakah proposal tersebut bisa didanai pada tahun anggaran 2013. Pelaksanaan site visit kali ini benar-benar dipersiapkan dengan matang agar mendapat nilai baik sehingga bisa lolos untuk didanai. Kerjasama dan komunikasi yang baik antara Rektorat, LPPM, Tim Peneliti dan Mitra dari PT. Utomo Deck sangat diperlukan agar mendapat hasil yang optimal. Tanggapan dan komentar dari pemantau Prof. Dr. Ir. Suminar SA., tentang sambutan, komitmen pimpinan dan LPPM, kesiapan dan kerjasama tim peneliti dengan mitra dari perusahaan sangat baik. Lembaga mempunyai harapan sangat tinggi terhadap lolosnya proposal unggulan stranas ini, karena akan sangat bermanfaat bagi peneliti, dosen dan lembaga secara umum ditingkat nasional karena lolosnya proposal ini merupakan prestasi tersendiri. Tahun ini yang lolos untuk di site visit hanya 2 proposal di Malang Raya yaitu Universitas Widyagama Malang dan Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan di tingkat nasional hanya ada 40 proposal unggulan stranas.  Tampak hadir pula yaitu : jajaran Rektorat, LPPM sebagai pelaksana acara site visit, Dekan Fakultas Pertanian sebagai pendukung utama pelaksanaan penelitian unggulan stranas, Dekan Fak. Ekonomi, Hukum dan Teknik sebagai pendukung terlaksananya acara.

2 Responses to Site Visit Penelitian Unggulan Strategi Nasional

  1. didin hadi saputra says:

    Di setiap program kegiatan yang bersifat kelembagaan menuju riset nasional, saya melihat selama ini pihak Universitas tidak pernah melibatkan peran alumni sebagai kontrol eksternal dalam mendukung posisi IWIGA menuju 100 besar Asia di 2025?

  2. admin says:

    Sistem pengelolaan riset secara nasional untuk skim-skim dibawah Kemdikbud telah baku, pihak yang melakukan kontrol dan evaluasi pelaksanaan penelitian tersebut adalah dari penyandang dana yakni Ditjen. Pendidikan Tinggi. Untuk penelitian-penelitian lainnya yang sifatnya kerjasama dengan pihak lain misalnya pemda, industri atau bahkan alumni kami sangat terbuka. Apabila ada masukan dan saran mengenai kerjasama riset silahkan menghubungi LPPM (http://widyagama.ac.id/research). Terima kasih perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>