Tahun 2012 peringkat Universitas Widyagama (UWG) Malang dalam Webometric adalah pada posisi 7127 dari 19403 Perguruan Tinggi (PT) seluruh dunia, atau 89 dari 352 PT di Indonesia. Posisi lima besar di Indonesia adalah UGM, ITB, UI, IPB dan ITS. Posisi UWG lebih baik dari beberapa PT lain, yakni Universitas Trunojoyo (peringkat 90 nasional), UNJ Jakarta (93), Univ. Ma Chung (147), Univ Ciputra (148), Unmer Malang (210) dan Unisma (219). Seperti diketahui posisi UWG pada tahun 2011 di luar 150an. Metodologi ranking Webometric adalah berdasarkan pada empat kriteria, yakni:
- Size (S). Number of pages recovered from four engines: Google, Yahoo, and Bing Search. Ini adalah jumlah akses penelusuran terhadap page yang tersedia website PT. S berbobot 20 persen. Peringkat UWG pada tingkat dunia adalah 11426. PT Indonesia (selain PTN besar) dengan S cukup membanggakan adalah Univ Petra Surabaya (207) dan UMM (407
- Visibility (V). The total number of unique external links received (inlinks) by a site, according to Yahoo Site Explorer. Visibility adalah jumlah link ke PT yang diterima atau dideteksi oleh oleh website lainnya, berdasarkan pelacakan Yahoo Site Explorer. V diberi bobot 50 persen. Peringkat UWG adalah 3529. Posisi ini lumayan membanggakan. Posisi ini lebih baik dibanding UIN Malang (3537), UMM (3761), atau Binus Jakarta (4549).
Rich Files (R). After evaluation of their relevance to academic and publication activities and considering the volume of the different file formats, the following were selected: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) and Microsoft Powerpoint (.ppt). These data were extracted using Google, Yahoo and Bing. Ini adalah hasil analisis terhadap publikasi atau karya akademik relevan (dalam bentuk pdf, ps, doc atau ppt) yang tersaji dalam website PT berdasarkan pelacakan Google, Yahoo and Bing. R berbobot 15 persen. Posisi UWG adalah 13166, jauh lebih rendah dibanding UMM (5), UIN Malang (819) atau UPN Surabaya (2777).
- Scholar (Sc). The data is a combination of items published between 2006 and 2010 included in Google Scholar and the global output (2004.-2008) obtained from Scimago SIR. Ini merupakan data-data publikasi PT dalam kurun waktu tahun 2004-2008. Sc berbobot 15 persen. Peringkat UWG pada posisi 9576, jauh dibawah UMM (1838), UPN Surabaya (2047) atau Ubaya Surabaya (5333)
Melihat posisi UWG tersebut, maka titik lemahnya adalah pada S, R dan Sc. Atas dasar hal tersebut, maka upaya yang dapat dilakukan adalah:
- Penguatan organisasi dan tata kelola website, dengan memperkuat koordinasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi terhadap website, didukung mekanisme kelembagaan dan landasan peraturan. Lembaga yang relevan untuk ini adalah PIP. Universitas sudah memiliki website www.widyagama.ac.id dengan kapasitas unlimited (sewa tiga juta rupiah per tahun)
- Peningkatan tulisan (posting) berita, aktifitas, program dan info lainnya di website. Saat ini telah tersedia website di program studi, Fakultas dan Universitas, serta lembaga lainnya (LPPM, P2K). Peningkatan jumlah posting akan menaikkan S. Dengan kemampuan dan ketrampilan menulis yang baik, maka upaya ini juga akan meningkatkan V. Lihat http://widyagama.ac.id/hukum/
- Peningkatan layanan akademik berbasis website. Layanan untuk mahasiswa khususnya, misalnya KRS, pengumuman, pendaftaran skripsi, form survey, download dokumen, dapat memanfaatkan website Universitas, fakultas dan jurusan. Lihat http://widyagama.ac.id/r09/index.php?option=com_wrapper&Itemid=74
- Peningkatan aktivitas upload file hasil penelitian atau publikasi akademik. Jurusan/program studi dan Fakultas dapat memanfaatkan websitenya untuk upload jurnal, file dokumen dosen, atau info lainnya. Upaya ini akan meningkatkan R. http://widyagama.ac.id/pertanian/?page_id=364
- Pemanfaatan digilib. Perpustakaan perlu menerapkan digilib yang berbasis website. http://dlib.widyagama.ac.id/index.php
- Membuat blog dosen Widyagama. Dosen dapat berkreasi menuangkan gagasan, upload file dan improvisasi akademik lainnya melalui blog widyagama. Ini akan dapat menaikkan peringkat S, V, R dan Sc sekaligus. Dari blog inilah dosen berinteraksi dengan mahasiswa, kolega dan masyarakat. Melalui blog itulah, seorang dosen dapat dilihat karya dan publikasinya, sekaligius marketing kompetensi kepada pihak lain. Para guru besar atau doktor perlu diprioritaskan untuk memiliki blog. Dosen-dosen yang sudah memiliki blog, perlu membantu Universitas dengan mengisi page-page atau memperkaya dengan produk-produk akademik. Lihat http://widyagama.ac.id/ajisuraji/ .
- Peningkatan ketrampilan dan pelatihan posting, upload dan ketrampilan penulisan. Upaya-upaya di atas membutuhkan kemampuan dan penguasaan (metode) website. Hal ini pernah dilakukan oleh tim Jurusan TI ke seluruh Fakultas. Penguasaan website tidak semata teknis, tetapi ada pembelajaran dan manfaat yang luar biasa dalam hal inovasin dan modifikasi. Suatu karakter ekonomi kreatif yang memiliki nilai tambah yang tinggi. Universitas ini perlu lebih banyak orang trampil menguasai website, orang yang selalu outward looking, dan berpikir senang, tenang dan terang. Hal ini membutuhkan kesungguhan dan kepedulian setiap dosen, karyawan dan mahasiswa rela berbagi informasi untuk kemanfaatan orang lain. Sharing is caring (berbagi adalah peduli).
File pdf download disini
Vila Bukit Sengkaling, 10 Februari 2012