Kuliah lapang mata kuliah Hukum SDA didampingi oleh Dosen pengampu notabene Dekan FH UWG, Dr. Purnawan D. Negara, SH, M.H. Lokasi Gili Iyang, Madura.

“di mulut goa dan di dalam goa, penjelasan aspek hukum SDA tentang karst, penjelasan air mempertemukan stalagtit dan stalamtit dalam kecepatan paling rendah 0,005 mm/tahun” ungkap pak pupung, sapaan akrab Dekan FH UWG.

Kuliah di Batu Cangga (gigir tebing karst yang langsung berbatasan dengan laut; Kuliah di Titik Oksigen yang diklaim sebagai oksigen terbaik no. 2 di dunia setelah Jordania (temuan LAPAN); Kakek berusia 120 tahun dan nenek berusia 117 tahun dan masih aktif beraktifitas, yang menunjukkan angka harapan hidup yang tinggi karena diantaranya oksigen yang bersih (lebih kurang ada 90 orang berusia rata-rata di atas 90 tahun); Klinong-klinong di Keraton Sumenep dan Sholat Ashar di Masjid Jami’ Sumenep

Paparan di atas merupakan hasil kuliah lapang matkul SDA. Dr. Purnawan terus menerapkan pembelajaran di luar kelas agar mahasiswa FH UWG banyak mendapatkan wawasan secara real dan mengetahui secara faktual antara teori dan realitas di lapang.

Selain matkul SDA, edukasi matkul lainnya yang diampu oleh para Dosen FH UWG juga sangat inovatif mengikuti perkembangan zaman di dunia pendidikan dewasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *